Dua siswa siswi MAN 2 Malang yang juga merupakan anggota saka bahari turut berpatisipasi

  Dalam rangka peringatan Hari Armada RI tahun 2022, TNI AL mengadakan kegiatan Sailling Camp perkemahan bakti saka bahari. Kegiatan tersebut diikuti oleh pramuka saka bahari dari seluruh penjuru Indonesia. Dua siswa siswi MAN 2 Malang yang juga merupakan anggota saka bahari turut berpatisipasi dalam rangkaian kegiatan tersebut. 
 Pada hari Rabu, 7 Desember 2022. Rombongan saka bahari kab Malang berangkat pada pukul 06.00 dari kantor sekertariat menggunakan bus kecil dengan jumlah rombongan 20 orang menuju LANAL Malang, setelahnya sampai beberapa sambutan disampaikan oleh anggota tni al dan beberapa wejangan disampaikan oleh ibu komandan untuk para anggota saka bahari kab Malang untuk menjaga nama baik pangkalan dan nama baik sekolah masing masing. Setelah itu dilakukan apel pelepasan anggota, yang dipimpin langsung oleh bapak
foto bersama anggota saka bahari kab Malang dengan ibu Komandan LANAL MALANG beserta anggota tni Al


Kemudian kami berangkat ke Stasiun Pasar Turi Surabaya menggunakan bus Lanal pada pukul 09.30 WIB, perjalanan ditempuh kurang lebih 2 jam dengan jalur tol. Setelah itu kami berangkat menggunakan kereta Airlangga pada pukul 12.25 WIB dengan tujuan Stasiun Pasar Senen Jakarta.
Pada Kamis, 08 Desember 2022 pukul 00.25 dini hari. Kami sampai di Stasiun Pasar Senen Jakarta dan beristirahat sampai pukul 07.00 untuk penjemputan anggota dari Mako Kolinlamil menggunakan truk. Hanya dibutuhkan waktu 20 menit untuk menempuh jarak dari Stasiun pasar senen menuju mako Kolinlamil. Sesampainya di Kolinlamil kami langsung diarahkan naik menuju ke KRI Teluk Palu 523, “Selama ada di KRI, kalian sama seperti prajurit. Bertemu kami, beri hormat. Berperilakulah seperti prajurit, disini kalian tidak boleh seenaknya sendiri. Keluar dari ruang pasukan gunakan pakaian rapi berkerah dan bersepatu” ucap salah satu tentara yang bertugas di pos penjagaan KRI Teluk Palu 523.
Setelah itu kami diarahkan menuju ruang pasukan untuk mencari tempat tidur, deck a untuk putri deck b untuk putra. Hari Kamis itu kami benar benar free, dari pagi sampai sore. Dikarenakan masih menunggu rombongan rombongan dari Lanal lanal lain yang belum datang. Baru ketika sore menjelang magrib kami semua diarahkan menuju lapangan mako untuk gladi kotor acara pelepasan besok. Rasanya senang sekali ketika bisa berkenalan dengan teman teman dari berbagai daerah. Setelah selesai gladi kotor pada pukul 21.00 WIB kami kembali menuju barak masing masing untuk beristirahat.
Jakarta–(Jum’at, 09 Desember 2022)
Upacara pelepasan Sailling Camp perkemahan bakti saka bahari yang dihadiri oleh bapak Kepala Staf Angkatan Laut sebagai Inspektur Upacara. Peserta terdiri dari anggota saka bahari, Putera Puteri Maritim Indonesia, dan Maritim Muda Nusantara. Hujan deras yang tiba tiba mengguyur jakarta pagi itu, membuat upacara yang awalnya berjalan lancar harus ditunda.
Setelah upacara, kami disuguhi beberapa atraksi dari pramuka gabungan beberapa sdn di Jakarta dan juga Drumband SMK pelayaran Jakarta Raya. Kemudian kami berlayar menuju Pulau Sebaru Kepulauan Seribu. Di dalam KRI Teluk Palu 523 kami diberi banyak sekali kegiatan. Seperti Tour of Ship, Materi tentang KRI, peran yang ada di KRI, pensi, yel yel, dan ada perkenalan dengan seluruh ABK yang ada di KRI. Ada satu kegiatan yang gak kalah seru, yakni ketika kelompok kita jadi penanting. Penanting itu apa sih?, intinya penanting itu yang nyiapin penataan makanan terus bersih bersih sisa makan, nyuci piring seluruh peserta. Mending ikut materi daripada jadi penanting, tapi banyak serunya. Setelah pensi, ada upacara penutupan kegiatan dengan diakhiri melantunkan lagu Syukur dan Padamu negeri.
Sabtu, 10 Desember 2022. Setelah sarapan pagi, kami semua bersiap dengan barang barang untuk menuju ke Pulau Sebaru dengan skoci. Sesampainya di Sebaru kami langsung mencari tempat masing masing untuk memasang tenda dan setelahnya materi olahraga air seperti selam, dayung, dan olahraga selancar.

Dilanjut dengan materi seputar AL dan juga pembinaan mental, pada malam hari nya diadakan pensi lagi setelah acara api unggun. Setelah itu kita diwajibkan untuk tidur guna bersiap siap untuk dihari esok kembali menuju KRI.

Minggu 11 Desember 2022
Pagi pagi sekali seluruh peserta berkemas kemas barang untuk kembali ke KRI setalah itu kami sarapan pagi dan melakukan upacara penutupan kegiatan di pulau Sebaru. Ada juga beberapa peserta perwakilan dari setiap kontingen yang dialihkan pelayaran menuju pulau untung jawa dan pulau pramuka untuk baksos dan temu tokoh. Kemudian seluruh peserta diberi instruksi untuk berbaris berdasarkan kontingen masing masing, untuk diarahkan bergantian ke dermaga pemenunggunjemputan oleh skooci menuju KRI. Setelah semua peserta sudah berkumpul di kri, kami kembali menerima materi dan yel yel di gladak heli, sembari kapal berlayar kembali menuju dermaga kolinlamil

Scroll to Top