
MAN 2 Malang-Turen, Kab. Malang : Pendidikan dan pengajaran adalah suatu keniscayaan dan mutlak diperlukan dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan jaman. Tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-Undang No. 2 tahun 1989 yang berbunyi “Tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani”, menjadi landasan penting dalam penyelenggaraan pendidikan nasional.
Maka dalam hal ini, pendidikan vokasi atau life skill merupakan konsep pendidikan tinggi yang ditujukan untuk kepentingan praktis dan terapan yang berfungsi mengembangkan peserta didik agar memiliki kompetensi keahlian terapan tertentu dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Konsep ini merupakan konsep pendidikan yang mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan keahlian terapan, beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu dan dapat menciptakan peluang kerja. Pendidikan vokasi atau life skill menganut sistem terbuka (multi-entry-exit system) dan multimakna (berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak, dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup atau life skill. Life skill yang dilaksanakan berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja. Hal ini sejalan dengan yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, yaitu, pendidikan harus dikembangkan ke arah suatu sistem demi kepentingan nasional antara lain: daya saing bangsa (nation’s competitiveness), otonomi dan desentralisasi (autonomy), dan kesehatan organisasi (organizational health).
Kemiskinan dan pengangguran masih menjadi masalah penting yang harus ditangani dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Timur. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir, angka kemiskinan dan penganguran mengalami penurunan. Beberapa permasalahan dalam pendidikan, khususnya Madrasah Aliyah (MA) diantara sbb:
- Masih banyaknya Madrasah Aliyah (MA) yang belum membekali peserta didiknya dalam hal keterampilan atau vokasi;
- Masih tingginya lulusan MA yang belum melanjutkan ke perguruan tinggi (PT);
- Masih banyaknya lulusan Madrasah Aliyah (MA) yang belum memiliki keterampilan atau vokasi.
- Masih tingginya angka pengangguran dikarenakan minimnya keterampilan atau vokasi;
Keadaan tersebut akan memberikan beban tersendiri pemerintah. Tingginya angka putus sekolah (droup out) atau lulus tidak melanjutkan, dapat berdampak pada bertambahnya kemiskinan dan pengangguran yang selanjutnya akan dapat memicu permasalahan sosial seperti kejahatan, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, perdagangan orang (trafficking) dan maraknya demo yang anarkis di masyarakat. Dampak lain kemiskinan dan banyaknya penganguran adalah lemahnya daya saing bangsa dalam perekonomian dunia. Peningkatan mutu dan perluasan akses pendidikan yang terus dikembangkan untuk menghadapi tantangan abad 21 serta revolusi industri 4.0. Dalam mengelola pendidikan harus terus berupaya adaptatif dan antisipatif terhadap berbagai perubahan yang mungkin terjadi, berbagai upaya perlu segera dilakukan dalam membenahi jenjang Madrasah Aliyah (MA) menuju Perguruan Tinggi (PT). Namun demikian, banyak peserta didik jenjang Madrasah Aliyah (MA) yang tidak melanjutkan dikarenakan berbagai kondisi sosial dan ekonomi, sehingga terjadi disparitas pemenuhan keterampilan yang dapat menunjang kehidupannya kelak dapat dipenuhi.
Melihat kondisi nyata dari sebagian out put siswa tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan pada umumnya mereka masuk ke dunia kerja bahkan sebagian menganggur dengan berbagai alasan yang sangat memungkinkan menjadi sebab kerawanan sosial. Kondisi sosial ekonomi siswa Madrasah Aliyah rata-rata berada pada posisi golongan menengah ke bawah, sehingga banyak lulusan Madrasah Aliyah setelah tamat tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi namun justru langsung mencari pekerjaan. Oleh sebab itu MAN 2 Malang merintis program pengembangan life skill atau ketrampilan untuk membekali siswa-siswi MAN 2 Malang memiliki ketrampilan dengan harapan ketika lulus dapat dijadikan bekal terjun di masyarakat dan dapat berkompetisi dalam bursa tenaga kerja dengan ketrampilan yang dimiliki.
Merujuk dari uraian di atas, pemberian pembekalan peserta didik di madrasah aliyah (MA) dengan beberapa kegiatan pendidikan dan pelatihan bidang keterampilan atau vokasi dengan tujuan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan minat dan bakat peserta didik Madrasah Aliyah (MA).
Kondisi inilah yang juga menjadi dasar atas kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan pemanfaatan dana hibah program MA Vokasi Tahun 2020 yang diatur dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 134 Tahun 2018 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial.
Secara khusus, dana tersebut telah kami manfaatkan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan keterampilan di MAN 2 Malang baik dalam hal administrasi, sarana prasana pendukung dan pengembangan program, dengan mengacu pada Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang telah kami susun.
Adapun program pendidikan dan pelatihan pada program ketrampilan yang telah dilaksanakan di MAN 2 Malang terdiri dari :
- Pendidikan dan pelatihan vokasi Multimedia;
- Pendidikan dan pelatihan vokasi Tata Busana;
- Pendidikan dan pelatihan vokasi Tata Rias;
Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan pendidikan dan pelatihan program dana hibah MA Vokasi ini adalah meningkatkan kemampuan peserta didik peserta program keterampilan Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang pada bidang keterampilan sesuai pilihan dan membangun rasa percaya diri peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang, karena dengan memiliki kemampuan keterampilan (vokasi) yang baik, diharapkan sebagai bekal usaha mandiri dan mampu bersaing dengan dunia kerja.
Kerjasama Lembaga
Dalam kegiatan ini, MAN 2 Malang menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga pelatihan dan kursus yang memiliki kompetensi dalam bidang vokasi Multimedia, Tata Rias dan Tata Busana. Adapun Lembaga yang terlibat dalam kerjasama pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan adalah sebagai berikut:
- Laboratorium Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang
Perjanjian kerjasama tertuang dalam MoU antara MAN 2 Malang No. B-71/Ma.13.35.02/1/PP.03.2/01/2020 dengan Lab. Ilmu Komunikasi UMM No. E.5/002/IKOM/FISIP/UMM/I/2020.
- LPK Sanggar Seni Mudra Ganesha
Perjanjian kerjasama tertuang dalam MoU antara MAN 2 Malang dengan No. B-73/Ma.13.35.02/1/PP.03.2/01/2020 dan LPK Sanggar Seni Mudra Ganesha dengan No. 557/011/35.07.108/2020
- LPK Modes Mujiati
Perjanjian kerjasama tertuang dalam MoU antara MAN 2 Malang dengan No. B-72/Ma.13.35.02/1/PP.03.2/01/2020 dan LPK Modes Mujiati dengan No. 001/LPK.Modesmujiati/01/2020
Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Mengacu pada rencana pemanfaatan dana hibah yang kami tuangkan dalam bab sebelumnya, maka program keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang dilaksanakan sebagai berikut:
- Multimedia
Dalam pelatihan ini, MAN 2 Malang menjalin kerjasama dengan Tim Pengajar dari Laboratorium Multimedia Universitas Muhammadiyah Malang. Jumlah jam yang ditempuh dalam pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 32 JP.
Bertempat di MAN 2 Malang, pendidikan dan pelatihan bidang vokasi multimedia dibagi menjadi 2 kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa dengan didampingi 2 pendamping dan 1 pendamping yang merupakan guru keterampilan tata rias di MAN 2 Malang
Multimedia Kelompok 1 dilaksanakan hari Senin, Selasa dan Rabu. Pelaksanaan setiap pertemuan sebanyak 2 JP, sedangkan kelompok 2 dilaksanakan hari Kamis dan Jum’at dengan pembagian masing-masing 2 JP di hari Kamis dan 4 JP di hari Jum’at.
Pendidikan dan Pelatihan Vokasi bidang Multimedia Kelompok 1 dimulai 03 Februari sampai dengan 09 Maret 2020 sedangkan kelompok 2 dilaksanakan mulai 06 Februari sampai dengan 10 Maret 2020. Hasil pelatihan terdokumentasi di madrasah dan dicetak untuk selanjutnya di pamerkan di lingkungan madrasah.
- Tata Rias
Dalam pelatihan ini, MAN 2 Malang menjalin kerjasama dengan LPK Sanggar Seni Mudra Ganesha. Jumlah jam yang ditempuh dalam pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 32 JP.
Bidang vokasi tata rias diikuti sebanyak 60 siswa dengan didampingi 2 pembina dan 1 pendamping yang merupakan guru keterampilan tata rias di MAN 2 Malang. Selain bertempat di MAN 2 Malang, peserta juga melaksanakan kegiatan pelatihan di Gedung Sanggar Seni Mudra Ganesha.
Kelas Tata Rias dilaksanakan hari Senin sampai dengan Sabtu. Pelaksanaan setiap pertemuan sebanyak 2 JP, dengan pembagian masing-masing 2 JP di hari Senin dampai dengan Kamis dan Sabtu, serta 4 JP di hari Jum’at.
Pendidikan dan Pelatihan Vokasi bidang tata rias dimulai 27 Januari sampai dengan 14 Pebruari 2020. Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan pameran hasil, dimana peserta pelatihan memeragakan hasil pelatihan dalam sebuah pawai di lingkungan sekitar madrasah.
- Tata Busana
Dalam bidang vokasi ini, MAN 2 Malang menjalin kerjasama dengan LPK Modes Mujiati, Turen. Jumlah jam yang ditempuh dalam pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 32 JP.
Bidang vokasi tata busana diikuti sebanyak 40 siswa dengan didampingi 3 pembina dan 1 pendamping yang merupakan guru keterampilan tata busana di MAN 2 Malang.
Kegiatan pelatihan Vokasi Tata Busana dilaksanakan hari Senin sampai dengan Kamis. Pelaksanaan setiap pertemuan sebanyak 2 JP pada setiap pertemuan.
Pendidikan dan Pelatihan Vokasi bidang tata busana dimulai 27 Januari sampai dengan 20 Februari 2020. Dari pelatihan ini, setiap peserta menghasilkan sebuah karya yang terdiri dari busana dan pernak-pernik hias.
Jadwal pendidikan dan pelatihan Vokasi bidang Multimedia, Tata Rias dan Tata Busana adalah sebagai berikut:
NO |
JENIS VOKASI |
HARI |
PUKUL |
PIHAK LPK/ |
KET |
1 |
Multimedia Kel. 1 |
Senin |
15.15-16.30 |
Tim Multimedia UMM |
Pelaksanaan: 03 Pebruari-09 Maret 2020 Jumlah Peserta: 40 Siswa Tempat: Ruang Lab Komputer MAN 2 Malang |
Selasa |
15.15-16.30 |
||||
Rabu |
15.15-16.30 |
||||
Multimedia Kel. 2 |
Kamis |
15.15-16.30 |
Tim Multimedia UMM |
Pelaksanaan: 06 Februari-10 Maret 2020 Jumlah Peserta: 40 Siswa Tempat: Ruang Lab Komputer MAN 2 Malang |
|
Jum'at |
15.15-16.30 |
||||
Jum'at |
15.15-16.30 |
||||
2 |
Tata Rias |
Senin |
15.15-17.00 |
"LPK Mudra Ganesha" |
Pelaksanaan: 27 Januari s.d 14 Pebruari 2020 Jumlah Peserta: 60 Siswa
Tempat: 1. Ruang Kelas MAN 2 Malang 2. "LPK Mudra Ganesha" Turen |
Selasa |
15.15-17.00 |
||||
Rabu |
15.15-17.00 |
||||
Kamis |
15.15-17.00 |
||||
Jum'at |
13.00-16.00 |
||||
Sabtu |
15.15-17.00 |
||||
3 |
Tata Busana |
Senin |
15.15-17.00 |
"LPK Modes Mujiati" |
Pelaksanaan: 27 Januari s.d 20 Februari 2020 Jumlah Peserta: 40 Siswa Tempat: Ruang Kelas Tata Busana |
Selasa |
15.15-17.00 |
||||
Rabu |
15.15-17.00 |
||||
Kamis |
15.15-17.00 |
- Cakupan Materi dan Pembimbing
Cakupan materi dan pembimbing selama pendidikan dan pelatihan keterampilan dalam program MA Vokasi di MAN 2 Malang bekerjasama dengan lembaga sebagaimana disebutkan dalam laporan ini adalah sebagai berikut:
Multimedia
Materi
- Corel Draw Basic Tools
- Audience Riset
- Desain Logo
- Composition
- Packaging Layout
- Typography
- Re-design Label
Pembimbing / Pendamping
- Fitri Kurnia, S.Sn (UMM)
- Fandi Wijaya A.R. S.Ikom (UMM)
- Afin Pandu Dwi P. (UMM)
- Firda Amalia (UMM)
- Achmad Nur Rofi’ Sam, S.Sn (Guru Multimedia MAN 2 Malang/Pendamping)
Tata Rias
Materi
- Pengetahuan dan Sejarah Tata Rias
- Teori Tata Rias Dasar
- Teknik Merias Diri Sendiri
- Pengetahuan dan Sejarah Rias Fantasi
- Teori Rias Fantasi Nasional dan Internasional
- Make Up Karakter Anatomi Wajah
- Aplikasi Make Up Fantasi dan Karakter
- Ujian Tulis dan Praktik
Pembimbing / Pendamping
- Djumiarah, S.Pd, M.Mpd (LPK Sanggar Seni Mudra Ganesha)
- Roro Wuriandani (LPK Sanggar Seni Mudra Ganesha)
- Diah Mayasari, S.Psi (Guru Tata Rias MAN 2 Malang / Pendamping)
Tata Busana
Materi
- Membuat Pola
- Memotong sesuai pola (Cutting)
- Menjahit sesuai pola
- Penyelesaian akhir (Finishing)
Pembimbing / Pendamping
- Mujiati (LPK Modes Mujiati)
- Mira Wati (LPK Modes Mujiati)
- Dina Oktavia (LPK Modes Mujiati)
- Nadhifa Amalia (Guru Tata Busana MAN 2 Malang / Pendamping